Minggu, 06 Maret 2016

Marjoko, Tebar Benik Ikan Di Kali Logawa

KBRN, Banyumas :Menjaga komitmen untuk  melestarikan lingkungan dan menambah kesejateraan masyarakat Banyumas, Mantan Bupati Banyumas Marjoko Selasa (6/10/ 2015) siang menyebar ribuan ikan air tawar yang berumur 6 bulan, di Sungai Logawa yang berada di Dusun Semaya Desa Sinyalangu Kecamatan Karanglewas Banyumas. 

Menurut Marjoko, sungai logawa, airnya sepanjang tahun tetap terjaga dengan baik, meski mengalami penurunan sedikit saat musim kemarau. Sehingga sangat cocok saat ini, di taburi benih ikan. 

Jika  pada saat musim penghujan, ikan yang ditebar ini bisa berumur 7-8 bulan, maka mampu bertahan dari derasnya air sungai logawa, serta dapat berkembang biak. Lanjut Marjoko, tujuan selain menjaga keseltarian ikan di Sungai Logawa , juga dapat meningkatkan pendapatan warga di sekitar sungai. 

Marjoko juga mengungkapkan akan melakukan perawatan pada pohon yang ada di jalan dokter angka, dengan cara memupuk dan memotong bagian batang. Agar saat musim penghujan tiba, bisa berbunga. Upaya ini dilakukan sebagai kecintaan dirinya kepada Banyumas.meski sudah tidak menjabat Bupati.

““Ada dua ribu bibit ikan mujair usia 6 bulan yang disebar di Sungai Logawa. Untuk usia bibit ikan 6 bulan, sudah cukup kuat dan bisa bertahan hidup, sehingga saya berharap, ikan-ikan ini dua-tiga bulan lagi bisa dinikmati oleh warga Banyumas,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Amin Fauzan, sebagai desa yang berada di pingir sungai Serayu sangat senang dengan adanya penaburan benih ikan yang dilakukan oleh Marjoko. Karena selama ini, ikan yang ada di sungai logawa, semakin menyusut.

“ Kami sangat senang sekali, Bapak Marjoko, mau menabur benih ikan. Hal ini sangat bermanfaat bagi warga, apalagi ikan di Sungai Loaga mulai berukurang,”kata Amin.

Ikan yang ditebar ini jenis mujaher, pada saat penebaran bibit ikan, juga dihadiri sejumlah mantan kepala desa yang berada di sekitar sungai logawa. (RA) sumber:http://www.rri.co.id/purwokerto/post/berita/206725/banyumas/marjoko_tebar_benik_ikan_di_kali_logawa.html

0 komentar:

Posting Komentar